• marketing.ssbbyl@gmail.com

  • 0276-3280064 / 081 129 50705

 

Kita semua pasti pernah keliru membeli buah yang masam atau mendapat oleh-oleh buah kecut dari kerabat atau teman. Buah seperti ini memang kurang sedap jika dimakan mentah-mentah. Tetapi jangan dibuang dulu. Masih bisa diolah menjadi berbagai makanan yang enak, kok. Variasinya pun sangat banyak. Kita tinggal menambahkan bahan-bahan lain. Beberapa bahkan bisa disimpan sampai berbulan-bulan.

Rujak

Mengolahnya menjadi rujak merupakan cara paling mudah untuk memanfaatkan buah-buahan dengan citarasa asam. Kalau kamu sudah terbiasa dengan rujak serut, rujak bebeg, atau rujak manis, sesekali coba diolah menjadi rujak kuah pindang khas Bali yang tak kalah nikmat.

Selai

Untuk buah-buahan yang sudah matang tapi masih terasa kecut seperti anggur, kiwi, stroberi, apel, dan nanas, bisa diolah menjadi selai.

Cara membuatnya pun mudah. Cukup parut atau blender buah, kemudian masak bersama gula pasir sampai kental. Tambahkan pectin dan kamu sudah bisa mendapatkan jelly yang enak untuk olesan roti.

Asinan buah

Buah yang asam seperti mangga, kedondong, atau rambutan memang pas diolah menjadi asinan. Tetapi jambu monyet, apel, nanas, salak, dan anggur juga enak diolah menjadi makanan yang satu ini.

Cara membuatnya cukup dengan mencampurkan irisan buah dengan gula pasir, garam, cabai, dan air perasan jeruk nipis. Tunggu sampai buah mengeluarkan air, kemudian sajikan dalam keadaan segar.

Smoothie

Smoothie bisa jadi solusi enak pengganti makan karena kaya akan serat yang mengenyangkan. Blender saja buah yang asam (nanas, stroberi, anggur, kiwi) dan buah yang lebih manis (pisang, apel manis) dengan perbandingan sama, kemudian kombinasikan dengan susu kedelai, susu segar, yogurt, santan, atau protein powder. Boleh juga ditambahkan sayuran hijau segar. Perbandingan antara sayur dan buah adalah 1:3 agar smoothie tidak terasa langu.

Sambal

Tergila-gila dengan rasa pedas asam sambal mangga? Kalau begitu sesekali kamu juga harus menjajal sambal dengan irisan apel malang dan kedondong. Rasanya sama menggiurkannya, kok.

Tumisan

Tumisan daging ayam yang ditambahkan saus asam manis dengan potongan apel atau nanas akan menambah citarasa oriental. Penambahan buah yang asam seperti ini juga bisa meningkatkan rasa segar dalam masakan.

Stup buah

Sedikit mirip dengan selai, tetapi yang ini lebih encer dan potongan buahnya lebih besar. Stup stroberi, jeruk, atau nanas cocok untuk taburan pancake, puding, atau cheesecake.

Infused water

Bagi yang ingin melakukan detoksifikasi, silakan mencoba membuat infused water dari potongan buah yang dimemarkan. Tuangi air mineral dan konsumsi seperti minuman biasa. Jangan disimpan lebih dari 6 jam, ya.

Puding

Puding, jeli, atau mousse yang lembut dengan campuran sari buah mangga, lemon, atau markisa akan terasa semakin enak. Kamu bisa membuatnya dengan agar-agar instan dalam kemasan, gelatin dan krim, atau susu dan kuning telur yang direbus.

Es batang

Popsicle atau es batang dari jus buah segar juga bisa dijadikan pilihan camilan sehat saat cuaca panas. Lebih sehat lagi jika tidak ditambahkan gula.

Campuran kue

Potongan buah yang dicampur dengan adonan cupcake, roti, cake, atau pai akan menambah citarasa. Lebih bagus lagi jika buah yang digunakan memiliki warna bagus.

Sirup

Buah markisa, nanas, dan jeruk nipis pun akan lebih awet jika diolah menjadi sirup. Blender buah dan ambil sarinya saja. Setelah itu rebus dengan air dalam julah besar dan gula pasir. Bisa disimpan hingga berbulan-bulan jika diletakkan di dalam lemari es.

Itulah beberapa cara untuk mengolah buah-buahan masam. Silakan dipraktikkan di rumah, ya.

Sumber : https://www.merdeka.com/gaya/12-olahan-enak-untuk-mengakali-buah-buahan-masam.html